Baca ini Bila Ingin Kuliah di Tiongkok

Baca ini Bila Ingin Kuliah di Tiongkok

Baca ini Bila Ingin Kuliah di Tiongkok
Baca ini Bila Ingin Kuliah di Tiongkok

Bagi sebagian orang, Tiongkok menjadi salah satu jujukan negara untuk menuntut ilmu. Bahkan, pemerintah Tiongkok sendiri mempunyai alokasi beasiswa yang bisa diikuti oleh pelajar dari seluruh penjuru dunia, yaitu beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS).

Salah satu penerima beasiswa CGS 2016 dari Indonesia Putra Wanda mengatakan, persyaratan yang mesti

diperhatikan yang biasanya tidak tampak tapi sangat dibutuhkan dalam apply beasiswa CGS adalah niat dan mental yang kuat.

Kedua, kesabaran yang ekstra. Ketiga, yang tidak kalah penting siapkan motivasi yang kuat untuk menuntut ilmu ke luar negeri yang notabene bakalan mandiri semandiri mandirinya tanpa ada sanak saudara dan teman-teman lama.

’’Dan lagi siapkan motivasi kalian untuk bener-bener siap menuntut ilmu sesuai jurusan atau disiplin ilmu yang kalian pilih. Motivasi ini juga diwujudkan dengan menulis motivation letter di dalam study plan kalian,’’ papar Putra.

Persyaratan lain yang juga penting yaitu sehat yang dibuktikan dengan surat dokter dan bukti hasil lab

medical check up yang telah di laporkan di dalam foreign physical examination form.

Bila memang niat belajar di Tiongkok, mahasiswa akan kuliah dan hidup di Tiongkok untuk waktu yang tidak sebentar, maka bahasa yang digunakan adalah Mandarin. Sangat sedikit sekali orang-orang Tiongkok yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar , kecuali di bandara.

Jadi setidaknya calon mahasiswa harus mempersiapkan kemampuan berbahasa Mandarin. Setidaknya, paham saat akan menawar atau tanya arah.

Putra mengatakan, bagi calon mahasiswa yang harus memasuki kelas dengan berbasis Chinese taught, dan

belum memiliki sertifikat HSK (tes bahasa Tiongkok) dengan level-level yang sudah ditentuka maka diharuskan mengikuti kelas persipan bahasa. Kelas persiapan bahasa ini berlangsung selama satu tahun di luar masa studi.

So, satu tahun periapan bahasa ditambah tiga atau empat tahun masa study tergantung jenjang yang diambil. Jika di tahun pertama belum atau tidak lolos tes HSK dengan level yang sudah ditentukan tersebut, kita wajib mengulangi lagi kelas persiapan bahasa satu tahun lagi. (*)

 

Sumber :

https://danuaji.kinja.com/ways-to-spread-environmental-education-online-1835886285