Awan Tengah (Keluarga B)

Awan Tengah (Keluarga B)

Awan Tengah cenderung terbentuk pada 6.500 kaki (2.000 m), tetapi dapat terbentuk pada ketinggian sampai 13.000 kaki (4.000 m), 23.000 kaki (7.000 m) atau 25.000 kaki (8.000 m), tergantung pada daerah. Umumnya lebih hangat iklim, semakin tinggi dasar awan. Nimbostratus awan kadang-kadang disertakan dengan awan menengah. The World Meterological Organisasi mengklasifikasikan Nimbostratus sebagai awan menengah yang dapat mengentalkan ke dalam rentang ketinggian rendah selama hujan.

Awan di Keluarga B meliputi:a. Genus Altocumulus (Ac) atau Alto cumulus (A-Cu)

Awan Alto Cumulus adalah awan yang seperti bulu dombaatau sisik ikan tetapi agak melebar 10 s/d 50 dengan warnaputih bersi, atau abu-abu atau campuran dari dua-duanya.

Sebuah lapisan awan konveksi yang terbatas biasanya dalam bentuk patch tidak teratur atau bulat dalam kelompok massa, garis, atau gelombang. altocumulus Tinggi mungkin mirip cirrocumulus tetapi basis menunjukkan setidaknya beberapa bayangan abu-abu terang.

  • Spesies Altocumulus stratiformis (Ac str): Sheets atau patch yang relatif datar altocumulus.
  • Spesies Altocumulus lenticularis (Ac len): Lens altocumulus berbentuk.
  • Spesies Altocumulus castellanus (Ac cas): altocumulus menara.
  • Spesies Altocumulus floccus (Ac flo): altocumulus berumbai.

Ciri-ciri:

ü  Awan ini kecil – kecil, tapi jumlahnya banyak.

ü  Awan alto cumulus berwarna kelabu atau putih dilihat pada waktu senja.

ü  Biasanya berbentuk seperti bola yang agak tebal.

ü  Awan ini bergerombol dan sering berdekatan sehingga tampak saling bergandengan

ü  Tiap – tiap elemen nampak jelas tersisih antara satu sama lain dengan warna keputihan dan kelabu yang membedakannya dengan Cirro Cumulus

  1. Genus Altostratus (As)atau Alto Stratus ( A – St )

Awan Alto Stratus adalah awan yang seperti lembaranlembaranatau lapisan-lapisan jalur yang berwarna abu-abuatau kebiru-biruan. Jenis awan ini sering menimbulkan hujan merata.

konvektif atau tembus non cadar Buram abu-abu biru-abu-abu awan / yang sering bentuk front bersama hangat dan sekitar daerah tekanan rendah di mana mungkin menebal ke Nimbostratus. Altostratus tidak dibagi lagi menjadi spesies.

 

Sumber :

https://businessnews.id/seva-mobil-bekas/