Analisis Efisiensi (eficiency)

 Analisis Efisiensi (eficiency)

Analisis efisiensi menyangkut bagaimana menghasilkan output sebanyak-banyaknya dengan input yang sekecil mungkin. Analisis efisiensi senantiasa berhubungan dengan sumber daya yang ada guna meminimalkan pemborosan. Efisiensi dari sistem yang dikembangkan adalah pemakaian secara maksimal atas sumber daya yang tersedia yang meliputi manusia, informasi, waktu, uang, peralatan, ruang, dan keterlambatan pengolahan data.

Kelemahan :

Dalam optik RAHAYU ini, terjadi pemborosan pada kebutuhan untuk pengolahan data yaitu : kertas, tempat untuk penyimpanan data dan sumbar daya yang dibutuhkan.

  1. f)Analisis Layanan (service)

Dalam suatu perusahaan untuk menilai kualitas dari sebuah sistem adalah salah satunya bisa kita lihat dari segi pelayanannya. Pelayanan yang prima menjadi prioritas utama untuk memuaskan customer/konsumen. Peningkatan kinerja perusahaan dengan adanya sistem baru diharapkan dapat menjadi semakin cekatan dalam memproses dan mendokumentasi data-data yang berasa penting bagi periusahaan. Peningkatan yang dimaksud adalah :

  1. Akurasi yaitu terkait dengan kebenaran dari hasil-hasil pengolahan data.
  2. Sistem mudah digunakan agar pengoperasian dalam menggunakan bagi pengguna merasa nyaman.
  3. Konsistensi dalam hal pengolahan data maupun hasilnya.
  4. Mampu menangani dan mengkoordinasikan perkecualian yang muncul dari kondisi pengelolaan yang normal dalam banyak aktivitas sebuah sistem untuk mencapai tujuan dan sasaran .

Kelemahan :

Optik RAHAYU ini dalam pendataan masih kurang tertata dan pencarian data yang masih sering lambat sehingga kulaitas pelayanan terhadap pelanggan tidak memuaskan. Dengan adanya sistem baru diharapkan dapat menjadi lebih cepat dalam pencarian datadata yang dibutuhkan

sumber :