Adapun langkah analisisnya adalah sebagai berikut

Adapun langkah analisisnya adalah sebagai berikut

Asumsi yang digunakan adalah subjek diambil secara acak menjadi satu kelompok n. Distribusi mean berdasarkan kelompok normal dengan keragaman yang sama. Statistik uji-F yang digunakan dalam One Way ANOVA dihitung dengan rumus (k-1), uji F dilakukan dengan membandingkan nilai Fhitung (hasil output) dengan nilai Ftabel. Sedangkan derajat bebas yang digunakan dihitung dengan rumus (n-k), dimana k adalah jumlah kelompok sampel, dan n adalah jumlah sampel. p-value rendah untuk uji ini mengindikasikan penolakan terhadap hipotesis nol, dengan kata lain terdapat bukti bahwa setidaknya satu pasangan mean tidak sama (Soegiarto M, 2004: 311).
Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai F dari perhitungan dengan nilai F yang ada dalam tabel untuk tingkat kebebasan dan taraf  signifikansi tertentu. Bila nilai F yang diperoleh lebih kecil dari nilai F tabel, maka hipotesis nol diterima, berarti tidak ada perbedaan nilai rata-rata yang cukup signifikan antar masing-masing kelompok. Sebaliknya bila nilai F lebih besar, maka hipotesis nol ditolak, berarti ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan, setidaknya ada satu kelompok di antara seluruh pasangan kelompok subyek.
Sistematika Penulisan
Tujuan sistematika penulisan tesis adalah untuk lebih memudahkan memahami dan mempelajari isi tesis. Adapun sistematika penulisan tesis ini akan penulis rinci sebagai berikut :

Bab satu, berisi pendahuluan; menjelaskan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, sistematika penulisan.

Bab dua, berisi landasan teori, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian. Adapun landasan teori berisi kreativitas guru meliputi: pengertian kreativitas, faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas, ciri-ciri kreativitas, karakteristik guru kreatif dan peranan guru. Pengelolaan kelas meliputi pengertian pengelolan kelas, tujuan pengelolaan kelas, pendekatan dalam pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas, komponen keterampilan pengelolaan kelas, usaha preventif masalah pengelolaan kelas. Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari pengertian Pendidikan Agama Islam, landasan Pendidikan Agama Islam, tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Islam, pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengorganisasian materi Pendidikan Agama Islam. Pembahasan berikutnya adalah prestasi belajar yang terdiri dari pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dan faktor-faktor yang menghambat prestasi belajar; Kajian penelitian relevan; Kerangka berpikir meliputi korelasi antara kreativitas guru PAI dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, korelasi antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, korelasi antara kreativitas guru PAI dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam; dan Pengajuan hipotesis penelitian.
Bab tiga, berisi metodologi penelitian meliputi jenis dan sifat penelitian, definisi operasinal, variabel penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan metode analisis data.
sumber :